Unpatti Siapkan Laboratorium Ekstraksi Organisme Laut

Unpatti Siapkan Laboratorium Ekstraksi Organisme Laut

Unpatti Siapkan Laboratorium Ekstraksi Organisme Laut

Unpatti Siapkan Laboratorium Ekstraksi Organisme Laut
Unpatti Siapkan Laboratorium Ekstraksi Organisme Laut

Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menyiapkan laboratorium bio teknologi

untuk mengekstraksi bio aktif terumbu karang dan organisme laut yang berpotensi untuk medis dan obat-obatan.

“Kami sedang mempersiapkan laboratorium bio teknologi untuk mengekstraksi terumbu karang atau organisme laut yang memang berpotensi untuk obat-obatan dijadwalkan beroperasi pada Maret atau April 2016,” kata Pembantu Rektor Bidang Kerjasama dan Informasi Teknologi Unpatti Ambon, Bob Mosse, di Ambon, Kamis (18/2).

Ia mengatakan sejumlah peralatan penelitian untuk mengekstraksi organisme

laut yang digunakan di laboratorium bio teknologi yang terletak di lantai dua gedung Pusat Studi Lingkungan (PSL) Unpatti, pengadaannya dari Swedia dan Singapura.

Barang-barang tersebut merupakan bantuan dari Karolinska Institutet (Royal Caroline Intitute) Swedia, dan Singapore Health Service, guna mendukung proses riset bersama mengenai organisme laut yang berguna untuk farmasi.

Proyek itu sendiri, kata Bob, merupakan bagian dari kerja sama antara Indonesia

Internasional Institute for Life Sciences (I3L) dengan berbagai perguruan tinggi terkemuka di Swedia, salah satunya Karolinska Institutet, dan perusahaan farmasi nasional PT. Konimex.

“Kami juga bagian dari I3L. Dalam proyek ini akan bersama-sama dengan para peneliti dari beberapa perguruan tinggi di Swedia mengekstraksi biota laut kemudian dikirim ke PT. Konimex untuk proses penelitian lanjutan sehingga menjadi obat yang bisa digunakan oleh masyarakat luas,” ujar Bob.

Lebih lanjut ia mengatakan guna mendukung kerja sama tersebut, Karolinska Institutet yang merupakan perguruan tinggi di bidang pengobatan itu, tidak hanya memberikan bantuan peralatan untuk riset bersama, tetapi juga turut mendanainya.

“Mereka adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Swedia, dan serius dengan kerja sama ini. Tidak hanya peralatannya yang disediakan, mereka juga memberikan bantuan dana,” kata Bob.

 

Sumber :

https://balikpapanstore.id/sejarah-g30s-pki/