Telkomsel dan Bluebird Garap Taksi Berbasis IoT

Telkomsel dan Bluebird Garap Taksi Berbasis IoT

Telkomsel dan Bluebird Garap Taksi Berbasis IoT

Telkomsel dan Bluebird Garap Taksi Berbasis IoT
Telkomsel dan Bluebird Garap Taksi Berbasis IoT

Telkomsel kolaborasi bersama Bluebird dengan mengintegrasikan layanan IoT

pada armada taksi Bluebird. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) pada Senin, 26 Agustus 2019 di Jakarta.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, implementasi IoT Telkomsel ke dalam ekosistem digital Bluebird merupakan perwujudan komitmen Telkomsel dalam mendukung visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah.

Dalam kolaborasinya dengan Bluebird, Telkomsel menghadirkan IoT Control Center,

solusi cloud-based yang aman dan terpercaya untuk melakukan manajemen perangkat IoT.

IoT Control Center mampu memberikan visibilitas dan keamanan aset perusahaan, menjaga kualitas layanan, memastikan kinerja perangkat selalu optimal, serta memprediksi biaya pengeluaran.
IoT Control Center mampu memperkuat sebuah ekosistem IoT secara menyeluruh melalui berbagai perangkat yang saling terkoneksi di dalam jaringan Bluebird. Salah satunya adalah IoT Bluebird yang akan menjadi solusi pengganti Fleety, sebagai perangkat penghitung argo serta penerima pesanan berbasis jaringan 2G yang selama ini dipakai di armada Bluebird.

Perangkat IoT Bluebird akan didukung oleh jaringan 4G LTE Telkomsel,

sebagai perangkat komputer multi-fungsi yang terpasang di semua tipe armada Bluebird lengkap dengan fitur seperti argo meter untuk taksi, pengiriman order penumpang, pelacakan posisi (GPS), komunikasi dengan penumpang dan operator pusat, termasuk pembayaran. Perangkat ini juga terhubung langsung dengan kendaraan sehingga mampu membaca data-data vital dari kondisi kendaraan dan mengirimkannya langsung ke sistem aplikasi Bluebird.

Sementara itu, Noni Purnomo, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk menyampaikan, dengan berbagai manfaat yang dihadirkan, Bluebird berharap IoT Bluebird yang didukung oleh layanan Telkomsel ini dapat menjadi solusi yang membantu Bluebird mengakselerasikan produktivitas dan kinerja sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam melayani pelanggan.

 

Sumber :

https://dolanyok.com/