Sistem Informasi dan Penegakan Hukum

Sistem Informasi dan Penegakan Hukum

Sistem Informasi dan Penegakan Hukum

Sistem Informasi dan Penegakan Hukum
Sistem Informasi dan Penegakan Hukum

A. Sekilas tentang system informasi

Dengan teknologi system informasi yang semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun, bahkan sekarang manusia sudah seolah-olah dikuasai oleh computer. Tanpa computer manusia seolah-olah tidak bias apa-apa. Bagaimana tidak bahwa manusia modern sudah benar-benar dikuasai oleh yang namanya alat system informasi ini. Kita semua tahu bahwa tidak ada perusahaan yang tidak menggunakan teknologi sintem informasi (computer) ini.

B. Penggunaan teknologi system informasi

Penggunaan teknologi system informasi telah merambat kepada perdagangan sekarang telah banyak toko-toko yang sudah go online. Fenomena perdagangan dengan kecangihan teknologi yang dikenal dengan internet (electronic commerce yang disingkat dengan e-commerce ) hanyalah salah satu bentuk dari perubahan perilaku masyarakat yang timbul akibat revolusi teknologi informasi. Sekarang bukan hanya system perdangangan sudah menuju Go Online tetapi system pembayaranpun sudah menyesuaikan maka munculah yang dinamakan dengan e-banking. Jadi para pembeli tinggal membayar dengan cara transfer bank melalui internet banking. Dan untuk membayar keluar negeri bias menggunakan paypal.

C. Damapak dari penggunaan sintem informasi

Akan tetapi system informasi tidak hanya dilakukan untuk kegiatan positif akan tetapi bias juga digunakan untuk kegiatan negative seperti pembobolan rekening nasabah bank, penipunan di internet. Oleh karena itu diperlukan adanya undang-undang untuk mengatur kegiatan di dunia maya.

D. Undang-undang Dunia Cyber di Indonesia

Dengan adanya undang dunia maya semoga kejahatan didunia maya bias diberantas sampai keakar-akarnya supaya para pelaku bisnis bias lebih aman menggunakan teknologi informasi ini.

Sekarang mari kita uraikan pasal-demi pasal dari undang-undang dunia cyber yang dibuat oleh pemerintah semoga dengan adanya ini hukum dunia maya di Indonesia bias ditgakkan dengan baik.

Sumber : https://usgsprojects.org/