Senyum itu termasuk dari sedekah

Senyum itu termasuk dari sedekah

Senyum itu termasuk dari sedekah

Senyum itu termasuk dari sedekah
Senyum itu termasuk dari sedekah

Rasulullah Saw bersabda

“senyummu di depan saudaramu adalah shadaqah.” (HR.Tirmidzi)
dalam hadist yang lain, Rasulullah Saw menjelaskan bahwa senyum merupakan salah satu dari pintu-pintu kebaikan. beliau besabda, “sesungguhnya pintu-pintu kebaikan itu ada banyak: tasbih, tahmid, takbir, tahlil (dzikir), amar ma’ruf nahi munkar, menyingkirkan penghalang (duri, batu) dari jalan, menolong orang, sampai senyum kepada saudara pun termasuk shadaqah.” (HR.Dailami)

senyum merupakan aktivitas sederhana, namun mempunyai pengaruh yang besar, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. senyum terbaik adalah senyum yang tulus keluar dari hati nurani terdalam, bukan senyum palsu yang di buat-buat. dengan senyum akan terpancar energi positif dan optimisme dari dalam diri. hal ini akan membuat orang lain merasa nyaman dengan kehadiran kita. senyum merupakan salah satu cara untuk membina dan memperbaiki hubungan dengan sesama manusia.

beberapa ahli telah melakukan berbagai penelitian tentang senyum. Prof. James V. McConnell, seorang psikolog di Universitas Michigan berkata, “orang yang tersenyum cenderung mampu mengatasi, mengajar, dan menjual dengan lebih efektif, serta membesarkan anak-anak dengan lebih bahagia. Ada informasi lebih banyak dengan senyum dari pada sebuah kerutan dikening. Sebab, senyum itulah yang mendorong semangat dan menjadi alat pengajar yang jauh lebih efektif daripada hukuman.”

Ted W. Engstrom

mengatakan bahwa senyum dapat menciptakan kegembiraan, membuat suasana menjadi lebih ceria, membantu mengembangkan keinginan yang baik dalam bisnis, membangkitkan semangat, dan mempererat hubungan dengan orang lain. dari sisi psikologis, senyum dapat mengurangi setres dan mengubah perasaan. ketika kita sedang merasa tertekan dan sedih, cobalah tersenyum, maka perasaan akan merasa lebih baik serta pikiran lebih jernih dan positif. pada saat tersenyum, tubuh kita memberikan sinyal-sinyal positif kehidupan. dan tersenyum mampu meningkatkan imunitas tubuh secara psikologis, karena senyum membuat pikiran dan perasaan lebih rileks.

senyum juga bermanfaat bagi kesahatan dan kecantikan. aktivitas senyum sama dengan olah raga yang bermanfaat untuk mengurangi infeksi paru-paru, mengurangi sakit jantung, meningkatkan semangat, mengurangi dua hormon dalam tubuh yaitu eniferin dan korisol serta menghasilkan endorphin, pemati rasa alamiah dan serotonin yang merupakan hormon pengendali rasa sakit, sehingga senyum bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit dan mengurangi rasa sakit

dari segi kecantikan, senyum merupakan obat awet muda karena senyum menggerakkan banyak otot wajah, sehingga otot wajah terlatih dan kencang. senyum terbukti dapat merangsang otot-otot wajah dan memberikan kesegaran dan mengurangkan kerut-kerut diwajah, kesehatan tubuh dan jiwa dengan melepaskan tenaga emosi yang berpusat dari dalam. di perlukan lebih banyak otot untuk mengerutkan wajah dibanding dengan memberikan senyum. jadi, lebih mudah untuk tersenyum dari pada mengerutkan wajah.

Baca Juga: