Sel Hewan dan Tumbuhan Beserta Perbedaannya

Sel Hewan dan Tumbuhan Beserta Perbedaannya

Sel Hewan dan Tumbuhan Beserta Perbedaannya

 

Sel Hewan dan Tumbuhan Beserta Perbedaannya

Sel Hewan

Membran Plasma

Bersifat semipermiabel (zat-zat tertentu saja yang dapat melewati membrane plasma), hidup, dan sangat tipis. Komposisi kimia membran plasma yaitu lapisan luar dan dalam berupa molekul protein (lipoprotein) sedangkan bagian tengah molekul lemak (lipid).  Berfungsi untuk: Mengontrol pertukaran zat antara isi sel dengan lingkungan sekitar, melindungi isi sel, mengatur keluar masuknya molekul-molekul, sebagai reseptor (penerima) rangsangan dari luar sel.

 

Sitoplasma

Tersusun atas:
– cairan: sitosol
– padatan: berupa organela-organela
Fungsi: tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel.

 

 Nukleus

Merupakan organel terbesar, berbentuk bulat, membran rangkap. Di dalam nukleus terdapat nukleoplasma, yang terdiri atas benang ‘kromatin’ yang tersusun atas DNA, RNA dan protein. Selain itu terkadang terbentuk nucleolus

Bagian-bagian inti sel : Membrane inti ; membrane inti memisahkan inti sel dari sitoplasma. Membrane inti terdiri dari 2 lapisan membrane dan pada daerah-daerah tertentu terdapat pori-pori yang berfungsi tempat keluar masuknya bahan kimia. Lapisan membrane yang sebelah luar berhubungan dengan membrane RE. Nukleoplasma dan kromosom ; inti sel mengandung nukleoplasma. Bahan kimia pada nukleoplasma yaitu larutan fosfat, gula ribose protein, nukleotida dan asam nukleat. Pada nukleoplasma terdapat benang-benang kromathin yang tampak jelas pada saat terjadi pembelahan sel membentuk kromosom. Fungsi kromosom adalah mengandung material genetic yang berguna untuk mengontrol aktivitas hidup sel dan pewarisan sifat-sifat yang diturunkan. Fungsi: pengendali seluruh aktivitas sel, pengatur pembelahan sel dan pembawa informasi genetik.

 

Sentrosom

umumnya sel hewan mengendung sentrosom yang letaknya pada sitoplasma dekat membrane inti. Pada saat pembelahan mengandung 2 sentriol. Metamorfosis Sebuah sentrosom terbentuk dari 9 set tabung masing-masing set terdiri dari 3 buah microtubule yang berfungsi menggerakan kromosom pada saat pembelahan sel. Sentriol sendiri merupakan organel sel yang dapat dilihat ketika sel mengadakan pembelahan.