Quality Control

Quality Control

Quality Control

Quality Control

Quality Control

Menurut Dr. K. Ishikawa

Quality Control adalah suatu kegiatan meneliti, mengembangkan, merancang dan memenuhi kepuasan konsumen, memberi pelayanan yang baik dimana pelaksanaanya melibatkan seluruh kegiatan dalam perusahaan mulai dari pimpinan teratas sampai karyawan pelaksana.

Menurut Feightboum

Quality Control adalah suatu sistem yang efektif untuk mengintegrasikan kegiatan – kegiatan pemeliharaan dan pengembangan mutu dalam suatu organisasi sehingga dapat diproleh produksi dan servis dalam tingkat yang paling ekonomis dan memuaskan konsumen.

Total Quality Control ( TQC )

adalah sistem manajemen yang dinamis yang mengikut sertakan seluruh anggota organisasi dengan penerapan konsep dan teknik pengendalian kualitas Baca Juga: Rotasi Bumi untuk tercapainya kepuasan pelanggan dan yang mengerjakannya.

Konsep dasar  Total Quality Control

  • Kepuasan pemakai
  • Kualitas berarti mutu segala macam pekerjaan
  • Kualitas adalah urusan setiap karyawan ( bekerja sekali jadi dan benar

 

Keuntungan dan kegagalan penerapan Quality Control :

Keuntungan Penerapan Quality Control

  • Pembinaan / pengembangan personel
  • Membina rasa kebersamaan
  • Perbaikan Kualitas
  • Pengurangan Biaya
  • Perbaikan Sikap Mental
  • Membangun Team yang Tangguh
  • Membangun kata sepakat dan motivasi
  • Menumbuhkan sikap kreatif dalam memecahkan masalah
  • Penghargaan terhadap karyawan

Kegagalan dalam penerapan Quality Control dapat disebabkan oleh  :

  • Meremehkan anggota team laen
  • Tidak mendengarkan
  • Suka Interupsi
  • Menggurui
  • Rendah diri
  • Mengabaikan kemampuan yang positif
  • Berfikir seakan dirinya nomor satu

 

Tujuan Quality Control

adalah membuat keseimbangan antara quality dan cost.