Prinsip Manajemen Keuangan

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan

Adapun prinsip administrasi keuangan, diantaranya:

Consistency (Konsistensi)

Consistency atau konsistensi ialah suatu prinsip dimana sebuah sistem dan kebijakan keuangan perusahaan sesuai dengan apa yang direncanakan, tidak berubah di setiap periode, namun yang harus ditekankan bahwa sebuah sistem keuangan bukan berarti tidak sanggup dilakukan penyesuaian saar ada perubahan signifikan dalam perusahaan. Pendekatan keuangan yang tidak konsisten menjadi tanda bahwa terdapat manipulasi pada pengelolaan keuangan perusahaan.

Accountability (Akuntabilitas)

Accountability atauakuntabilitas ialah suatu kewajiban aturan dan moral, yang mana menempel pada setiap individu, kelompok ataupun perusahaan dalam memperlihatkan klarifikasi bagaimana dana ataupun kewenangan yang sudah diberikan pihak ketiga dipergunakan. Setiap pihak harus memperlihatkan klarifikasi dalam mengenai penggunaan sumber daya dan apa yang sudah dicapai bentuk pertanggung balasan pada yang berkepentingan, biar semua tahu bagaimana kewenangan dan dana yang dimiliki tersebut dipergunakan.

Transparancy (Transparansi)

Transparancy atau transparanasi ialah suatu prinsip dimana setiap dalam kegiatan administrasi harus terbuka baik dalam memperlihatkan gosip perihal planning dan segala kegiatan bagi yang berkepentingan, termasuk laporan keuangan yang wajar, lengkap, sempurna waktu dan akurat yang sanggup diakses dengan gampang oleh yang berkepentingan, jikalau tidak transparan maka akan berdampak penyelewengan dalam kegiatan perusahaan.

Viability (Kelangsungan Hidup)

Viability atau kelangsungan hidup ialah prinsip dimana menekankan pada kesehatan keuangan perusahaan terjaga, semua pengeluaran operasional ataupun didalam tingkat yang taktik harus diadaptasi dengan dana yang ada, kelangsungan hidup entitas ialah ukuran tingkat keamanan serta dalam keberlanjutan keuangan perusahaan. Dalam Manajemen keuangan harus menyusun planning keuangan yang dimana memperlihatkan bagaimana perusahaan sanggup menjalankan planning strategisnya guna untuk memenuhi kebutuhan keuangan.

Integrity (Integritas)

Integrity atau integritas ialah prinsip dimana setiap individu wajib mempunyai tingkat integritas yang memumpuni dalam menjalankan kegiatan operasional. Tidak hanya itu, dalam pencatatan dan laporan keuangan harus terjaga integritasnya dengan kelengkapan dan tingkat keakuratan dalam suatu pencatatan keuangan.

Stewardship (Pengelolaan)

Stewardship atau pengolaan ialah prinsip yang dimana sanggup mengelola dengan baik dana yang telah didapatkan dan dalam memperlihatkan jaminan akan dana yang diperoleh tersebut untuk direalisasikan tujuan yang telah ditetapkan, didalam prateknya dilakukan dengan hati-hati dengan menciptakan sebuah perencanaan strategis, mengidentifikasi risiko keuangan yang ada serta untuk menyusun dan menciptakan sistem pengendalian keuangan yang sesuai.

Accounting Standards (Standar Akuntansi)

Accounting Standards atau standar akuntansi ialah sebuah sistem akuntansi keuangan yang harus sesuai dengan prinsip dan standar aturan akuntansi yang telah berlaku dengan bertujuan laporan keuangan yang dihasilkan sanggup dengan gampang dipahami dan dimengerti dari semua pihak yang berkepentingan.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html