Perantau Sunda, Bentuk Formansunda

Perantau Sunda, Bentuk Formansunda

Perantau Sunda, Bentuk Formansunda

Perantau Sunda, Bentuk Formansunda
Perantau Sunda, Bentuk Formansunda

DENPASAR-Paguyuban atau kelompok kekerabatan perantau Jawa Barat (Jabar)

di berbagai provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia sepakat membentuk lembaga berlingkup nasional. Dengan demikian, paguyuban yang selama ini tercerai-berai dapat bersinergi satu dengan yang lain.

Lembaga sosial yang mengikat paguyuban dimaksud bernama Forum Komunikasi Masyarakat Sunda Pangumbaraan (Formasunda).

Ketua Paguyuban Urang Sunda (Pusunda) Bali A. Jaka Bandung selaku penggagas sekaligus Ketua Formasunda pertama mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Denpasar, Sabtu (14/2).

“Dengan adanya lembaga yang menaungi paguyuban tingkat provinsi

dan kabupaten/kota, insyaAllah silaturahim warga Sunda atau Jabar yang tersebar se-Indonesia, bahkan se-dunia, akan semakin baik dan kuat,” papar Jaka.

Dijelaskan, deklarasi Formasunda dijadwalkan digelar Sabtu (14/2) pukul 17:00 WITA di sekretariat Pusunda Bali, Jalan Sunset Road, Kuta. “Kami semua bersyukur karena Kang Aher (Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan), yang juga penasihat Formasunda, akan menghadiri deklarasi,” kata Jaka, putra Jabar yang berbisnis di sektor otomotif dan properti.

Jaka mengungkapkan sebanyak 23 paguyuban perantau Jabar tingkat provinsi

yang terlibat dalam mewujudkan terbentuknya Formasunda. Lembaga sosial kekerabayan di provinsi lain yang belum bergabung, katanya, dipastikan segera memperkuat Formasunda.

Menurut Jaka, Formasunda tidak hanya mempererat silaturahim antarperantau di berbagai daerah, namun juga menjadi modal jejering bagi upaya meningkatkan kesejahteraan. Kesejahteraan perantau yang baik, pada saat yang sama juga mendatangkan dampak positif bagi kemajuan Jabar sebagai kampung halaman.

“Disengaja atau tidak disengaja, pertemuan rutin yang digelar berdampak positif bagi usaha atau pekerjaan masing-masing. Terlebih lagi bila nantinya ada program yang dirancang khusus,” ulas Jaka, namun mengingatkan agar kegiatan Formasunda bersifat mandiri, bukan berorientasi proyek.

Warga Jabar di Bali mulai berdatangan di lokasi deklarasi sejak pukul 15:00 WITA. Sementara wakil paguyuban dari provinsi luar Bali menjelang acara dibuka. Selama persiapan berlangsung, warga dihibur lantunan lagu asal Jabar.

 

Sumber :

https://about.me/aris.kurniawan