Pendidikan Bertaraf Internasional

Pendidikan Bertaraf Internasional

Pendidikan Bertaraf Internasional

Pendidikan Bertaraf Internasional
Pendidikan Bertaraf Internasional

Pelaksanaan kurikulum dan proses pembelajaran
menggunakan asas-asas sebagai berikut:
1. Menggunakan kurikulum yang berlaku secara nasional dengan Mengadabtasi kurikulum sekolah di Negara lain.
2. Mengajarkan bahasa asing, terutama penggunaan bahasa Inggris, secara terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya
3. Menekankan keseimbangan aspek perkembangan anak meliputi aspek kognitif (intelektual), afektif (aspek sosial dan emosional), dan psikomotorik (aspek fisik).
4. Mengintegrasikan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) termasuk Emotional Intelligence dan Spiritual Intelligence ke dalam kurikulum.
5. Mengembangkan kurikulum terpadu yang berorientasi pada materi, kompetensi, nilai dan sikap serta prilaku (kepribadian ).
6. Mengarahkan siswa untuk mampu berpikir kritis, kreatif dan analitis , memiliki kemampuan belajar (learning how to learn) serta mampu mengambil keputusan dalam belajar.
Penyusunan kurikulum ini didasarkan prinsip ”Understanding by Design” yang menekankan pemahaman jangka panjang (”Enduring Understanding”). Pemahaman (Understanding) dilihat dari 6 aspek: Explain, Interpret, Apply, Perspective, Empathy, Self Knowledge.
7. Kurikulum tingkat satuan pendidikan dapat menggunakan sistem paket dan kredit semester.
8. Menekankan kemampuan pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) yang terintegrasi dalam setiap mata pelajaran.

Sumber : https://andyouandi.net/