Pemerintah-daerah-didorong-untuk-memiliki-jaminan-kesehatan-dan-pendidikan-bagi-anak-anak-di-LPKA.-menyediakan

Pemerintah daerah didorong untuk memiliki jaminan kesehatan dan pendidikan bagi anak-anak di LPKA. menyediakan

Pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah untuk membekali seluruh anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dengan Kartu Indonesia Sehat (KIP) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Femmy Eka Kartika Putri mengatakan deputi bidang pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dilakukan untuk memenuhi hak kesehatan anak yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) 82 tahun 2018 diatur oleh jaminan kesehatan.

Ini termasuk hak atas pendidikan untuk anak-anak hingga usia 12 tahun.

“Harapannya semua anak, terutama yang ada di LPKA, bisa terdaftar di BPJS. Juga untuk pendidikan, kami mendorong pemerintah daerah melalui dinas pendidikannya untuk memasukkan data anak di LPKA untuk mendapatkan KIP,” kata Femmy di situs resmi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jumat (4 Desember 2020).

Femmy mengatakan KIP yang mereka berikan tidak hanya untuk wajib belajar 12 tahun, tetapi juga naik ke tingkat universitas dengan KIP perguruan tinggi.

Baca juga: Kenali Chika dan Vika, Inovasi Layanan Digital dari BPJS Kesehatan

Upaya pemenuhan hak-hak anak di LPKA bermula dari pengakuan pemerintah bahwa hak-hak anak belum sepenuhnya terpenuhi di dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Padahal, negara menjamin hak dan perlindungan anak dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Undang-undang Peradilan Anak juga menyatakan bahwa anak yang berkonflik dengan hukum berhak memperoleh haknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain hak atas kesehatan dan pendidikan, anak juga harus memperoleh hak keperdataan lainnya, yaitu akta kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KIA).

“Namun nyatanya anak-anak khususnya yang ada di LPKA tidak mendapatkan secara utuh,” kata Femmy.

LIHAT JUGA :

indonesiahm2021.id
unesa.id
unimedia.ac.id
politeknikimigrasi.ac.id
stikessarimulia.ac.id
ptsemenkupang.co.id