MENGENAL R-PROGRAMMING

MENGENAL R-PROGRAMMING

MENGENAL R-PROGRAMMING

MENGENAL R-PROGRAMMING
MENGENAL R-PROGRAMMING

Apa sih R-Programming itu?

Mungkin ada yang udah tau tentang R-Programming atau bahkan udah nyoba sekaligus praktekin. Tapi w coba dah untuk berbagi ilmu dan penglaman w setelah nyoba program ini.

Langsung aja deh.

R-programming merupakan perangkat lunak yang  digunakan untuk menganalisa data statistik dan presentasi grafik. Jadi disini kita bisa ngitung rata-rata, median, dan modus. Selain itu kita juga bisa gambar grafik dari suatu kumpulan data.

Mengapa namanya R-Programming?

Menurut buku yang w baca, pada awalnya, versi pertama R dibuat oleh Ross Ihaka and Robert Gentleman dari Universitas Auckland, namun selanjutnya R dikembangkan oleh tim yang disebut tim inti. Nah, maka dari itu namanya jadi R-Programming,  karena nama mereka diawali oleg huruf R.

R punya banyak kelebihan, diantaranya:

  • Efektif dalam pengelolaan data dan fasilitas penyimpanan karena ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil dibanding software lainnya.
  • Lengkap dalam operator perhitungan array.
  • Lengkap dan terdiri dari koleksi tools statistik yang terintegrasi untuk analisis data, mulai statistik deskriptif, fungsi probabilitas, berbagai macam uji statistik, hingga time series.
  • Tampilan grafik yang menarik dan fleksibel.
  • Dapat dikembangkan sesuai keperluan dan kebutuhan dan sifatnya yang terbuka.

R bersifat multiplatform, jadi bisa diinstal di sistem operasi Windows , UNIX/LINUX maupun pada Macintosh.

Untuk lebih lengkap tentang FAQnya bisa klik disini..

Kali ini cukup ini dulu deh pengenalannya. Besok lagi baru w bahas tentang bagaimana cara memasukkan data, mengurutkan data, mencari frekuensi.

Sumber : https://pendidikan.co.id/