Memanfaatkan Layanan Berbasis Lokasi

Memanfaatkan Layanan Berbasis Lokasi

Memanfaatkan Layanan Berbasis Lokasi

Memanfaatkan Layanan Berbasis Lokasi
Memanfaatkan Layanan Berbasis Lokasi

Location-based services (LBS) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Layanan Berbasis Lokasi adalah sebuah layanan informasi atau hiburan yang dapat diakses dengan perangkat mobile melalu jaringan selular dan memanfaatkan kemampuan untuk memanfaatkan posisi geografis perangkat mobile.  LBS menggunakan real-time geo-data dari perangkat mobile atau smartphone untuk memberikan informasi, hiburan atau keamanan. Beberapa layanan memungkinkan konsumen untuk  check-in  di restoran, kedai kopi, toko, konser, dan tempat-tempat lain atau peristiwa. Seringkali, bisnis menawarkan hadiah – hadiah, kupon atau diskon – untuk orang-orang yang check-in Google Maps, Foursquare, GetGlue, Yelp dan Facebook Places adalah salah satu layanan yang lebih populer..

Layanan berbasis lokasi menggunakan teknologi smartphone GPS untuk melacak lokasi seseorang, jika orang itu telah mengaktifkan fungsi maka memungkinkan layanan untuk melakukan pelacakan. Setelah pengguna smartphone mengaktifkannya, layanan dapat mengidentifikasi lokasi nya ke alamat jalan tanpa perlu untuk entri data manual.

Beberapa manfaat / kegunaan dari LBS :

  1. Pencari Toko.

Menggunakan berbasis lokasi intelijen, pelanggan ritel dapat dengan cepat menemukan lokasi toko terdekat.

  1. Kedekatan berbasis pemasaran.

Perusahaan lokal dapat mendorong iklan hanya untuk individu dalam lokasi geografis yang sama. Pemasaran mobile berbasis lokasi memberikan iklan kepada pelanggan potensial dalam kota itu yang mungkin benar-benar bertindak berdasarkan informasi tersebut.

  1. Informasi perjalanan.

Sebuah LBS dapat memberikan informasi real-time, seperti update lalu lintas atau laporan cuaca, ke smartphone.

  1. Bantuan pinggir jalan.

Dalam hal ban pecah atau kecelakaan, banyak perusahaan memberikan bantuan pinggir jalan sebuah aplikasi yang memungkinkan mereka untuk melacak lokasi yang tepat Anda tanpa perlu memberikan arah.

  1. Manajemen tenaga kerja mobile.

Untuk logistik tergantung perusahaan yang mempekerjakan individu di lapangan atau di beberapa lokasi, sebuah LBS memungkinkan karyawan untuk check-in di lokasi yang menggunakan perangkat mobile mereka.

  1. Pencegahan penipuan.

Sebuah LBS menciptakan tingkat keamanan lain dengan cara mencocokkan lokasi pelanggan melalui smartphone untuk transaksi kartu kredit. Mengikat lokasi smartphone untuk kartu kredit memungkinkan Anda untuk transaksi bendera dibuat di beberapa lokasi geografis selama waktu yang singkat.

Sumber : https://cheapdiscountjerseys.us.com/characteristics-and-qualities-of-a-good-education-lecturer/