Manfaat, Khasiat dan Cara Mancing Ikan Gabus

Manfaat, Khasiat dan Cara Mancing Ikan Gabus

Manfaat, Khasiat dan Cara Mancing Ikan Gabus

Manfaat, Khasiat dan Cara Mancing Ikan Gabus
Manfaat, Khasiat dan Cara Mancing Ikan Gabus

Manfaat dan Kerugian ikan gabus

Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa di Sumatra dan Kalimantan kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Gabus asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein yang cukup penting bagi masyarakat desa, khususnya yang berdekatan dengan wilayah berawa atau sungai.

Ikan gabus juga merupakan ikan pancingan yang menyenangkan. Dengan umpan hidup berupa serangga atau anak kodok, gabus relatif mudah dipancing. Namun giginya yang tajam dan sambaran serta tarikannya yang kuat, dapat dengan mudah memutuskan tali pancing.

Untuk masyarakat desa yang khususnya petani, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama, misalnya: sawah yang banyak di huni oleh hama keong, sering kali berujung dengan gagal panen, akibat dari ulah keong yang sering memakan padi, terutama di usia muda. Namun beberapa petani menemukan cara yang cukup mudah dan sangat membantu, yaitu, dengan mengembang biakan ikan gabus di sawah-sawah yang sedang di garapnya, dengan demikian keong-keong yang banyak merugikan petani sedikit demi sedikit akan berkurang, Akan tetapi ikan ini juga dapat sangat merugikan, yakni apabila masuk ke kolam-kolam pemeliharaan ikan (Meskipun beberapa kerabat gabus di Asia juga sengaja dikembangbiakkan sebagai ikan peliharaan). Gabus sangat rakus memangsa ikan kecil-kecil, sehingga bisa menghabiskan ikan-ikan yang dipelihara di kolam, utamanya bila ikan peliharaan itu masih berukuran kecil. Ikan gabus juga menjadi spesies penganggu no.1 di Sulawesi dan Irian Jaya karena mereka telah memusnahkan speesies ikan asli.

Sejak beberapa tahun yang lalu di Amerika utara, ikan ini dan beberapa kerabat dekatnya yang sama-sama termasuk snakehead fishes diwaspadai sebagai ikan berbahaya, yang dapat mengancam kelestarian biota perairan di sana. Jenis-jenis snakehead sebetulnya masuk ke Amerika sebagai ikan akuarium. Kemungkinan karena kecerobohan, maka kini snakehead juga ditemui di alam, di sungai-sungai dan kolam di Amerika. Dan karena sifatnya yang buas dan invasif, Pemerintah Amerika khawatir ikan-ikan itu akan cepat meluas dan merusak keseimbangan alam perairan.

Khasiat ikan gabus

Diketahui bahwa ikan ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting. Albumin diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicobakan untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit.

Cara mancing ikan gabus

Ikan gabus banyak berada di daerah rawa-rawa dengan tanaman air yang cukup lebat. Kalau banyak eceng gondok di suatu perairan dangkal, biasanya ikan gabus banyak juga di situ.

Teknik memancingnya ada beberapa cara. Pertama, dengan memakai gala bambu yang ditusukan ke tanah. Gala bambu itu diberi umpan kodok atau udang kecil. Dibiarkan semalaman. Dipagi hari baru akan diambil.

Kedua, teknik kodok lompat. Maksudnya, memancing dengan cara memasukan umpan kodok berkali-kali ke dalam air yang diperkirakan ada ikan gabus. Gaya memancing ini sama dengan gaya kodok yang sedang berada di dalam air.

Ketiga, dengan cara menggunakan pelambung. Umpan yang dipakai tetap kodok kecil. Biarkan pancing mengapung. Kalau ada gerakan, jangan langsung diangkat. Biarkan dahulu beberapa saat. Mungkin pada waktu itu ikan gabus sedang masuk ke lumpur. Tarik joran perlahan dan ikuti gerakan ikan gabus.

Teknik berikutnya adalah teknik pemancing yang mempunyai peralatan lengkap dan modern. Teknik ini disebut dengan casting. Umpan yang digunakan tentu saja bukan umpan asli. Tapi bentuk umpannya seperti hewan benaran. Misalnya, berbentuk seperti kodok (soft frogie dan hard frogie).

Teknik ini benar-benar membuat pemancing seperti berolahraga. Pemancing harus melemparkan tali pancing dan menariknya berulang-ulang. Umpan untuk ikan gabus ini memang dibuat dua macam. Ada yang mengapung dan ada yang tenggelam kalau digunakan di air yang cukup dalam. Demi kesenangan dan demi mendapatkan yang dicari, apa pun dilakukan. Inilah salah satu kegilaan kaum penyuka olahraga memancing.

Nah itulah artikel tentang Cara Budidaya Manfaat Dan Mancing Ikan Gabus Terbesar Di Dunia semoga dapat memberi tambahan pengetahuan buat sobat pembaca, untuk artikel tentang budidaya ikan gurame, patin, nila, koi, louhan, mas, lele dan yang lain silahkan menuju kategori budidaya ikan.

Baca juga artikel: