Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak

Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak

Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak

Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak
Makanan Sehat Yang bermanfaat Meningkatkan Fungsi Otak

Otak terbentuk dari 2 jenis sel : (Glia dan Neuron). Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron. Sedangkan neuron membawa imformasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang di sebut (neurotransmiter). neurotransmiter ini di kirimkan pada celah yang di kenal sebagai (sinapsis). Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya. Vertebrata besar bisa mempunyai hingga seratus miliar Neuron.

Wortel

Wortel kaya akan vitamin B dan vitamin C serta betakaroten yang memperlambat Tanda-tanda penuaan dan dikaitkan dengan peningkatan kemampuan memori dan fungsi otak.

Anggur

Anggur hitam, anggur merah, dan anggur ungu, semuanya mengandung quercetin dan anthocyanin, Senyawa-senyawa yang diketahui membantu dan memperkuat memori (Daya ingat).

Apel

Apel kaya akan zat yang di sebut quercetin, Suatu antioksidan yang terbukti melindungi otak terhadap penyakit Alzheimer. Apel juga terbukti menurunkan resiko terhadap beberapa jenis kanker.

Kacang Merah

Kacang merah dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak karena kaya vitamin B yang bermanfaat untuk membantu fungsi kognitif otak.

Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan karbohidrat, Vitamin B6, Dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak, Karena membantu membersihkan darah dan menjaga aliran darah yang sehat.

Almond

Almond mengandung asam lemak omega-3 dan kaya antioksidan yang menyehatkan otak.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak yang memadai, asam lemak omega-3 ini esensial untuk perkembangan otak dan banyak terdapat di otak. Asam lemak esensial tidak di hasilkan oleh tubuh dan harus di peroleh dari makanan.

Bluberi

(Blueberry) bluberi mengandung antioksidan, kaya vitamin C, dan serat makanan (dietaryfiber). sejauh ini bluberi dianggap makanan terbaik untuk kesehatan otak karena meningkatkan kekuatan sinyal neuron. Dan melindungi otak terhadap stress oksidatif (oxidative stress) dan mengurangi efek berkurangnya kemampuan memori karena usia seperti pada penyakit Demensia.

Baca juga artikel: