Mahasiswa Surabaya Cegah Pencemaran Air Sungai

Mahasiswa Surabaya Cegah Pencemaran Air Sungai

Mahasiswa Surabaya Cegah Pencemaran Air Sungai

Mahasiswa Surabaya Cegah Pencemaran Air Sungai
Mahasiswa Surabaya Cegah Pencemaran Air Sungai

Langkah nyata yakni mulai dari mengajak sesuatu dari hal kecil yang kemudian bisa menjadi budaya.

Hal itu dilakukan oleh Laila Turbi’ah, Imada Antikunarya, Rusdiatin, Nurwantika, dan Shindy Novia yang mengajak masyarakat Surabaya kawasan sungai Mulyorejo Utara, Kecamatan Mulyorejo mengubah kawasan sungai yang tercemar menjadi kawasan sungai yang bersih dan rindang.

Kegiatan dimulai dengan pemberian edukasi tentang pembudidayaan ikan lele dalam skala rumah tangga.

Laila Turbi’ah mengatakan, budidaya secara intensif ini dapat diterapkan dengan media kolam berbentuk tabung (lingkaran) yang dapat menambah kepadatan ikan yang dibudidayakan.

Setelah dilakukan edukasi kemudian juga dilakukan praktik dan monitoring yang dilakukan setiap kali ada pertemuan organisasi Karang Taruna. Minimal diadakan sekali dalam sebulan.

Hasil dari budidaya ikan tersebut selanjutnya dikembangkan oleh Karang Taruna, yang sebelumnya telah dikader. Ikan lele sebagian dijual dan uangnya sebagai kas organisasi Karang Taruna, sedang sebagian yang lain dibagikan kepada masyarakat di sekitarnya untuk menambah konsumsi ikan

. ”Hanya satu langkah kecil dalam mengedukasi kalangan pemuda dalam upaya

meningkatkankepekaan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan menuju Indonesia bebas sambah tahun 2020,” kata Laila dkk yang merupakan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan tersebut Unair itu.

Mereka kemudian menuangkan kegiatan ini ke dalam proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) dengan judul ”GERDU CERIA – Gerakan Edukasi Cinta Lingkungan Sungai Mulyorejo Utara Sebagai Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020.

” Proposal Laila dan kelompoknya ini dinilai lolos seleksi, dan berhak atas dana pengembangan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam program PKM 2017. (*)

 

Sumber :

https://activerain.com/profile/danuaji