Keutamaan Membaca Al Quran yang Utama

Keutamaan Membaca Al Quran yang Utama

Keutamaan Membaca Al Quran yang Utama

Keutamaan Membaca Al Quran yang Utama
Keutamaan Membaca Al Quran yang Utama

Keutamaan Membaca Al Quran yang di terangkan baik dalam hadits maupun dalam al quran itu sendiri sangatlah banyak di antaranya seperti hadits yang di terangkan di atas yaitu pahala yang berlipat ganda serta membawa kebaikan keutamaan lainnya di antaranya menjadi syafaat di hari kiamat kelak penentram hati menjadi obat baik lahir maupun batin dls untuk lebih jelasnya lihatlah beberapa point penting tentang Keutamaan Membaca Al Quran

Keutamaan keutamaan Membaca Al Quran

1. Menjadi obat baik lahir maupun batin

“Wanunazzilu minal Qurani maa huwa Syifaa u Wa Rahmatan Lil Mukminin…”
Artinya: Dan kami turunkan Al Quran suatu penawar (obat) bagi orang-orang yang beriman..(QS:17:82)
Para ulama banyak berpendapat bahwa ayat di atas menunjukan bahwa Al Quran bisa menjadi obat baik lahir maupun batin

2. Akan memberikan syafaat ketika hari kiamat

Rasulullah ﷺ bersabda: ” Bacalah Alquran, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan memberikan syafaat kepada pembacanya.” (HR Muslim).

3. Mendapatkan anugerah yang terbaik dari Allah ﷻ

Rasulullah ﷺ bersabda dalam hadis qudsi, Allah berfirman:
“Barang siapa yang sibuk dengan Alquran dan zikir dari meminta-Ku, aku akan memberikan kepadanya sebaik-baik anugerah-Ku. Keutamaan kalamullah (Alquran) atas kalam-kalam selainnya seperti keutamaan Allah atas semua makhluk-Nya.” (HR Tirmidzi)

4. Mendapatkan pahala berlipat

seperti hadits pertama yang ada di atas yaitu

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

5. mendapat derajat yang tinggi di sisi Allah ﷻ

Rasulullah bersabda: “Orang yang membaca Alquran dengan mahir akan bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat (HR Bukhari dan Muslim).

6. Menentramkan hati

Dalam satu ayat dalam al quran Surah: Ar-Ra’d Allah berfirman yang artinya

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).

7. Di beri cahaya di hari kiamat

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra “Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

8. Pembaca Al Quran memperoleh kedudukan yang tinggi dalam syurga

9. Yang pandai membaca dia akan bersama malaikat, dan yang terbata-bata atau agak susah dalam membacanya mendapat dua pahala
Dan dari uraian di atas tentang Keutamaan Membaca Al Quran masih banyak lagi yang belum saya jelaskan dan selain keutamaan yang di atas tentang Keutamaan Membaca Al Quran ada juga keutamaan membaca ayat ayat khusus atau surat surat khusus dan di bawah ini adalah beberapa Keutamaan Membaca ayat atau surat khusus dalam Al Quran

Keutamaan Membaca ayat atau surat khusus dalam Al Quran

1. keutamaan membaca surat Al-Kahfi

membaca surat Al-Kahfi yaitu dapat terhindar dari fitnah dajjal Dalam riwayat Muslim dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.”

2. Keutamaan membaca surat Al Ikhlas

Keutamaan membaca surat ini adalah jika di baca malam hari sebanding dengan sepertiga al Qur`an sementara fadilah yang lain ialah dengan izin allah melindungi orang yang membacanya jika dibaca bersama surat al falaq dan an naas dan masih banyak fadilah yang lain tentang surat ini

3. Keutamaan membaca surat yasin

Rasulullah s.a.w bersabda, “Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai hati dan hati al- Quran itu ialah Yassin. Sesiapa membaca surat Yassin, niscaya Allah menuliskan pahalanya seperti pahala membaca al-Quran sebanyak 10 kali.
Dan masih banyak lagi tentang keutamaan keutamaan membacar ayat atau surat tertentu dalam Al Quran yang mungkin dalam kesempatan lain kita akan membahasnya karena keterbatasan waktu mungkin hanya sekian saja mungkin lain waktu saya akan membahasnya terima kasih wassalam

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/