KAPASITAS DAN KETAHANAN PENYIMPANAN DATA

KAPASITAS DAN KETAHANAN PENYIMPANAN DATA

KAPASITAS DAN KETAHANAN PENYIMPANAN DATA

KAPASITAS DAN KETAHANAN PENYIMPANAN DATA
KAPASITAS DAN KETAHANAN PENYIMPANAN DATA

Media penyimpanan yang dapat dipergunakan bermacam-macam yang satu sama lainnya berbeda dari kapasitas simpan dan ketahanannya dari kerusakan, baik yang disebabkan oleh virus software atau faktor ruangan (tingkat kelembaban).

Media penyimpanan dapat berupa:

 Floppy Disk – Disket, Secara Fisik, disket terbuat dari lempengan plastik yang berbentuk bundar dimana pada permukaannya dilapisi oleh magnet sebagai tempat untuk menyimpan guratan-guratan data. Untuk menjaga agar data ataupun program yang tersimpan didalam disket tetap terjaga kebersihannya, disket kemudian dibungkus oleh karton yang berbentuk segi empat. Disket dapat menyimpan data 1.44 MB, dan rentan kerusakan.

Compact Disk (CD)

secara umum dapat menyimpan data hingga 700 MB, tetapi kini banyak dipasarkan hingga ukuran gigabyte. Harga CD ROM relative murah apabila dibanding dengan disket ataupun hard disk.

Harddisk

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di Google Chrome – Didalam hard disk terdapat lempengan-lempengan logam bundar yang disusun berlapis-lapis serta terdapat motor penggerak lempengan logam dan read/write head-nya. Keunggulan dari hard disk adalah mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar serta memiliki kecepatan pada saat memanggil kembali data yang tersimpan. Hardisk dapat menyimpan data 250 GB, 350 GB, 500 GB, 1000 GB atau 1 Tera Bait.

CD Read – Write

Perbedaan dengan CD RW, dapat ditulis berulang-ulang (tergantung media) Melakukan proses burn dengan suhu 400 – 500  F, Data pada pit dapat dianalogikan dihapus untuk dapat ditulis kembali.

DVD

hanya dapat dipakai satu kali kapasitas simpan 4-8 Gb, dengan ketahanan 10-50 tahun.

DVD  Read – Write (DVD RW)

dapat ditulis berulang-ulang (tergantung media) Melakukan proses burn dengan suhu 400 – 500  F, Data pada pita dapat dianalogikan dihapus untuk dapat ditulis kembali, dengan kapasitas simpan 4-8 Gb, dengan ketahanan 10-50 tahun.

Tabel Kapasitas dan ketahanan media penyimpanan data

No Media Simpan Kapasitas Ketahanan (th)
1 Floppy Disk – Disket 1,44 MB 1-2
2 Harddisk 250 GB-6TB 12-15
3 CD (CD-R dan CD-RW) 700 MB 1-3
4 DVD 4 GB-15,9 GB 10-50
5 Flasdisk 1-256 GB 5-10
6 Memory Card 256MB-64 GB 5-10