Kadisdik Kota Cirebon Ingatkan Pentingnya Budaya Baca

Kadisdik Kota Cirebon Ingatkan Pentingnya Budaya Baca

Kadisdik Kota Cirebon Ingatkan Pentingnya Budaya Baca

Kadisdik Kota Cirebon Ingatkan Pentingnya Budaya Baca
Kadisdik Kota Cirebon Ingatkan Pentingnya Budaya Baca

Upacara bendera kali ini di komplek SDN Sunyaragi kota Cirebon, berbeda dengan senin biasanya.

Pasalnya, pelaksanaan upacara bendera dihadiri pula oleh kepala Dinas Pendidikan kota Cirebon.

Dalam kunjungannya, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. H. Jaja Sulaiman, M.Pd, ke komplek SDN Sunyaragi merupakan agenda sidak sekaligus upaya memberikan pembinaan bagi warga sekolah, terutama terkait pentingnya budaya baca.

“Kita semua khususnya anak-anak harus gemar membaca. Anak-anak kelas rendah hendaknya sudah bisa membaca. Oleh karenanya, guru perlu meningkatkan kegiatan latihan membaca diluar jam pembelajaran,” harap Jaja Sulaiman kepada siswa dan guru saat menjadi pembina upacara bendera.

Selain itu, lanjut Jaja Sulaiman, guru dituntut untuk memotivasi siswa agar meningkatkan sikap tertib.

 

“Seluruh siswa harus meningkatkan sikap tertib sejak sekolah dasar, sebab jika sikap tertib tidak dibiasakan sejak dini maka pada jenjang pendidikan selanjutnya bakal terjadi budaya tidak tertib dan dapat berdampak pada sikap negatif, seperti tawuran antar pelajar yang sering terjadi,” tegasnya

“Oleh karena itu, marilah kita biasakan hidup tertib kapanpun dan dimanapun sebagai sebuah kebiasaan dan menjadi budaya kita” tegasnya lagi.

Usai menjadi pembina upacara bendera, Jaja Sulaiman memberikan pembinaan pada 2 Kepala Sekolah di komplek SDN Sunyaragi, yaitu SDN Sunyaragi II (Hj. Khaeriyah, S.Pd,M.Pd) dan SDN Sunyaragi I (Riyah Rasmanah, S.Pd.,MM).

“Kegiatan ini merupakan salah satu agenda kerja dalam rangka untuk mendapatkan informasi

tentang pelaksanaan pendidikan, kebutuhan sekolah, serta kendala di lapangan demi mewujudkan pendidikan yang unggul di Kota Cirebon,” kata Jaja Sulaiman usai menjadi pembina upacara bendera didampingi kepala UPT Pendidikan kecamatan Kesambi (Surip, SE) dan Pengawas Bina (Drs. Hj. Nining Taswini, M.Pd)

Informasi yang didapatkan dari kunjungan ini, lanjut Jaja Sulaiman, akan dijadikan bahan evaluasi dalam merancang program pendidikan yang lebih baik lagi bagi warga kota Cirebon.

Jaja Sulaiman juga berpesan, sebagai seorang pendidik seharusnya menjadi teladan yang baik.

“Kita harus mengimplementasikan semboyan dari Ki Hajar Dewantara,” pungkasnya.

Selain itu, Beliau pun mengingatkan bahwa adanya finger print bukan sekedar kewajiban absensi kedinasan semata, melainkan sebuah tanggung jawab moral kehadiran di sekolah sebagai seorang pendidik.

Sementara itu, kepala SDN Sunyaragi II, Hj. Khaeriyah, merasa bangga lantaran dari ratusan SD di kota Cirebon, SDN Sunyaragi menjadi salah satu sekolah yang berkesempatan mendapat kunjungan orang no 1 di dinas pendidikan.

“Seluruh warga sekolah merasa bangga karena dari ratusan sekolah di kota Cirebon, Bapak Kepala Dinas Pendidikan menyempatkan waktu untuk hadir di sekolah kami. Kedatangan Bapak Kepala Dinas Pendidikan, Bapak Kepala UPT Pendidikan, dan Ibu Pengawas Bina ditengah-tengah kami, menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk menjadi lebih profesional dan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan bagi siswa” pungkas Hj. Khaeriyah, dalam sambutannya selaku perwakilan Kepala Sekolah Komplek SDN Sunyaragi.

 

Sumber :

https://www.kitabisa.com/orang-baik/2763065