Jenis-Jenis Narasi

Jenis-Jenis Narasi

Jenis-Jenis Narasi

Jenis-Jenis Narasi
Jenis-Jenis Narasi

Adapun jenis atau macam macam narasi ialah sebagai berikut:

Narasi Informatif

Adalah jenis narasi yang mempunyai target penyampaian informasi dengan sempurna wacana suatu insiden yang bertujuan memperluas wawasan orang wacana kisah seseorang.

Narasi Ekspositorik

Adalah jenis narasi yang mempunyai tujuan menawarkan informasi dengan sempurna wacana suatu insiden yang bertujuan memperluas pengetahuan orang wacana kisah seseorang. Didalam narasi ekspositorik, penulis bercerita wacana suatu peristiwa/kejadian dengan data yang benar adanya. Pelaku yang di tonjolkan biasanya hanya satu orang. Pelaku menceritakan diawali dari kecil hingga ketika ini atau hingga terakhir dalam kehidupannya.

Karangan narasi ini diwarnai dengan eksposisi, jadi ketentuan eksposisi juga berlaku pada penulisan narasi ekspositorik. Ketentuan tersebut berafiliasi dengan pemakaian bahasa yang logis, menurut fakta yang terjadi, tidak membawa unsur sugestif atau yang bersifat objektif.

Narasi Artistik

Narasi artisktik ialah salah satu jenis narasi yang berupaya untuk menawarkan suatu maksud tertentu, menawarkan suatu amanat tersembunyi kepada para pembaca atau pendengar sehingga terlihat seperti melihat. Ketentuan tersebut berafiliasi dengan pemakaian bahasa yang logis, didasari fakta yang terjadi, tidak membawa unsur sugestif atau bersifat objektif.

Narasi Sugestif

Narasi Sugestif ialah jenis narasi yang berupaya untuk menyediakan suatu maksud tertentu, menawarkan suatu amanat yang tersembunyi untuk para pembaca atau pendengar sehingga terlihat/tampak seolah-oleh melihat.

Struktur Narasi

Adapun struktur dari menulis narasi ialah sebagai berikut:
Pengenalan Di bab ini terkandung wacana pengenalan tokoh, suasana, latar dan lain sebagainya.
Awal Pertikaian Pada bab ini berisikan wacana ilustrasi konflik utama yang dikemukakan oleh penulis
Klimaks atau Puncak Pertikaian Di bab ini berisikan wacana ilustrasi konflik utama atau inti dari cerita
Antiklimaks atau Penyelesaian Di bab ini berisikan wacana penyelesaian duduk perkara yang terjadi didalam dongeng dan menunjukan selesai dari cerita.

Unsur-Unsur Narasi

Berikut ini yang merupakan unsur-unsur dari narasi:

Alur (Plot)

Alur atau plot yaitu runtutan insiden yang mengatur relasi insiden demi insiden biar saling berkaitan dengan logis
Pengembangan.

Pengembanga yaitu runtutan insiden yang diawali dengan pengenalan atau pendahuluan (pengenalan tokoh), isi insiden (konflik diantara tokoh) dan penyelesaian (penutup)

Baca Juga: