Hari Kedua UNBK SMK Wilayah VII Lancar

Hari Kedua UNBK SMK Wilayah VII Lancar

Hari Kedua UNBK SMK Wilayah VII Lancar

Hari Kedua UNBK SMK Wilayah VII Lancar
Hari Kedua UNBK SMK Wilayah VII Lancar

Di hari Kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah

Kejuruan (SMK) Wilayah VII yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi masih berlangsung aman dan lancar.

Hal itu diungkapkan, Staf pengawasan yang juga sebagai tim helpdesk Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Eman Sulaiman, saat ditemui di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jalan Mahar Martanegara No.48 Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (26/3).

Menurut Eman, meski berjalan aman dan lancar, namun pihaknya terus memonitor kesetiap sekolah untuk memastikan tidak adanya gangguan yang akan menghambat pelaksanaan ujian.

”Hari kedua terbilang lancar, meski memang ada sedikit gangguan kecil saja. Berbeda dengan hari pertama ada gangguan server di beberapa sekolah” ujar Eman.

Dia mengatakan, gangguan server yang terkena virus sempat terjadi di SMK Negeri

11 Kota Bandung. Namun hal tersebut dengan cepat dapat diatasi setelah proktor Jawa Barat dan Proktor Kota Bandung melakukan perbaikan secara jarak jauh.

”Ada beberapa sekolah lainnya juga yang sempat terhambat. Kemudian kendala pengiriman token dari pusat yang agak terlambat karena jaringan internet koneksi agak lambat sehingga menghambat waktu ujian lima hingga sepuluh menit,” katanya.

Dia mengaku, pihaknya sudah mempersiapkan dan mengantisipasi secara maksimal

segala hal yang akan jadi kendala dalam pelaksanaan UNBK. Sehingga, semua gangguan dapat langsung tertangani oleh helpdesk kota dan helpdesk provinsi.

”Setiap proktor dan helpdesk koordinasi melalui grup WA di masing-masing kota agar setiap kendala secepatnya ditangani. Koordinasi dengan PLN juga terkait listrik sudah dimaksimalkan,” tegasnya.

Eman menyebutkan, saat ini ada sebanyak 149 sekolah di wilayah VII yang mengikuti UNBK, 19 diantaranya SMK Negeri dan 130 SMK Swasta. Sementara jumlah keseluruhan peserta sebanyak 26.745 siswa yang terdiri dari 10.444 siswa SMK Negeri dan 16.301 siswa SMK Swasta.

”Untuk jumlah proktor di wilayah VII ada 830 orang, dan jumlah teknisi ada 594 orang. Kami berharap hingga hari terakhir UNBK berjalan lancar, sehingga siswa akan lebih fokus dalam setiap mengerjakan soal -soal ujian,” pungkasnya

 

Baca Juga :