Cara Memancing Ikan Salem Dengan Tiga Teknik

Cara Memancing Ikan Salem Dengan Tiga Teknik

Cara Memancing Ikan Salem Dengan Tiga Teknik

Cara Memancing Ikan Salem Dengan Tiga Teknik
Cara Memancing Ikan Salem Dengan Tiga Teknik

Bagaimana cara memancing ikan salem dengan mudah? ikan salem (Elagatis bipinnulata) yaitu ikan air laut yang biasa hidup di perairan lepas pantai yang banyak terdapat karang-karang di dalamnya. Wilayah penyebaran ikan ini meliputi area tropis sampai subtropis. Ikan salem tergolong sebagai ikan pelagis yang banyak menghabiskan waktunya dengan berenang di permukaan air.

Ikan salem dikenal pula dengan nama rainbow yellowtail fish. Nelayan lokal juga banyak menyebutnya dengan julukan ikan sunglir. Ikan ini dapat dikenali dari warna tubuhnya yang cenderung perak kehijauan. Gaya berenangnya pun sangat baik dengan kecepatan yang tinggi layaknya sebuah torpedo. Hal ini dilakukannya sekaligus untuk memburu mangsanya yang berupa ikan-ikan kecil dan plankton. Untuk dapat memancing ikan salem, Anda mampu menerapkan beberapa teknik mancing mirip cast jig, popping, fly fishing, dan trolling.

Teknik Cast Jig

Teknik memancing cast jig atau vertical jigging umumnya menggunakan umpan yang ringan dengan bobot tidak lebih dari 80 gram. Hal ini bertujuan supaya jig mampu dilempar ke belakang kapal secara maksimal dan menggulungnya dengan mudah. Anda mampu memakai umpan berupa jig atau spoon. Adapun metode dasar dari teknik ini yaitu melemparkan umpan sejauh mungkin, membiarkannya sebentar, lalu mulai menarik umpan secara berirama sehingga umpan tersebut terlihat mirip ikan yang hidup.

ikan guppy – Sebagai tips dari kami, gunakanlah jig yang mengkilap apabila Anda memancing ikan salem pada waktu siang hari. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan daya tarik umpan tersebut. Biasanya trik ini sangat ampuh untuk menarik hati ikan salem semoga segera memburunya. Bahkan kalau Anda beruntung, ikan-ikan yang ukurannya lebih besar mirip ikan tenggiri dan ikan kuwe pun kerap melahap umpan ini.

Teknik Cast Minnow

Para pemancing juga sering menerapkan teknik cast minnow untuk menerima ikan salem. Anda mampu menggunakan umpan buatan sehingga proses memancing dapat berjalan lebih efektif. Pakailah umpan tiruan yang mempunyai pengecap sepanjang 7-9 cm sehingga proses memancing akan terasa lebih mengasyikkan. Teknik ini pas sekali dilakukan kalau Anda tidak sekadar ingin menangkap ikan salem, tetapi juga mencicipi sensasi strike yang ditimbulkannya.

Selain umpan yang berbentuk minnow, teknik cast pun dapat dilakukan memakai umpan soft lure. Umpan ini cukup ampuh dalam menarik perhatikan ikan salem melalui ekor panjang yang dimilikinya. Coba lemparkanlah umpan soft lure ini, setelah itu ulurkan line sesuai arus. Beberapa ketika kemudian, Anda mampu mulai menggulung soft lure dengan gerakan yang mantap. Rasakan sensasi strike ketika ikan sudah menyambar umpan tersebut.

Teknik Trolling

Teknik trolling paling pas digunakan ketika Anda menemukan spot mancing yang dipenuhi oleh burung-burung yang terbang di atasnya. Kenapa? Sebab teknik ini cocok sekali untuk memancing ikan-ikan yang ada di permukaan air. Banyaknya burung yang bergerombol di suatu titik mampu menjadi mengambarkan kalau di daerah tersebut juga banyak ikan yang hidup permukaan air.

Disarankan gunakanlah umpan minnow yang mempunyai pengecap untuk menarik hati ikan salem dengan teknik ini. Selain untuk menangkap ikan salem, teknik trolling juga cocok sekali digunakan untuk memancing ikan tenggiri, wahu, tuna, dan marlin.