Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal Dari Awal Hingga Panen

Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal Dari Awal Hingga Panen

Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal Dari Awal Hingga Panen

Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal Dari Awal Hingga Panen
Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal Dari Awal Hingga Panen
Cara budidaya udang galah di kolam terpal sesungguhnya tidak jauh tidak sama dari cara pembudidayaan udang pada kolam tanah atau yang lain. Udang galah pada air tawar memiliki potensi dengan nilai ekonomi demikian tinggi , tak tahu ini di pasar lokal maupun di pasar ekspor. Buat Anda yang tidak mempunyai tempat tempat yang cukup untuk membudidayakan udang galah ini , dapat memakai tehnik cara budidaya udang galah lewat media kolam buatan yaitu kolam terpal. Disamping untuk menghemat biaya tentu perawatan udang akan lebih mudah dan tidak harus memiliki tempat khusus yang luas , cukup sebagian dari sudut rumah atau sudut dari halaman rumah anda.

Cara Budidaya Udang Galah

Diawali Persiapan Kolam Pembudidayaan

Buat persiapan kolam terpal untuk budidaya udang galah dengan ketinggian 0-700 meter diatas permukaan laut. Sementara debet air disarankan kira-kira 0 , 5 hingga 1 liter/detik dengan luasan kolam sebesar 300-1000 m3. Cara budidaya udang galah dikolam terpal ini , Anda mesti memerhatikan kwalitas air dengan kualifikasi seperti berikut , menerima paparan cahaya matahari yang cukup , mempunyai kandungan oksigen yang terlarut sebesar 5-7 ppm , mempunyai kandungan mineral cukup , mempunyai temperatur ideal untuk perkembangan serta kelangsungan hidup udang galah , dan memiliki kandungan gas CO2 yang cukup (yaitu tak kian lebih 2 ppm).

Pemberian Pakan Pada Udang

Bagian cara budidaya ikan discus dikolam terpal selanjutnya dengan pemberian pakan yang berkwalitas lantaran memengaruhi hasil panen udang galah yang Anda budidayakan ,jika tidak sesuai maka panen akan lebih sedikit. Pakan yang didapatkan pasti harus mempunyai kandungan nutrisi cukup ,mineral , seperti lemak , vitamin serta karbohidrat. Dengan pemberian pakan yang pas inilah nanti udang galah akan memiliki tingkat pertumbuhan bagus yang di sertai hasiljuga mempunyai kwalitas baik yang dapat berefek pada potensi keuntungan yang Anda dapatkan.

Pencegahan Serta Perlakuan Penyakit Udang Galah

Cara budidaya udang galah di kolam terpal yang baik selanjutnya yaitu dengan lakukan pencegahan penyakit atau hama pada udang galah. Diluar itu , pada sistem pembesaran udang galah sendiri membutuhkan uji kesehatan lewat cara di bawah ini :
  • Lewat penilaian dengan cara visual untuk kontrol apakah ada tanda-tanda penyakit dan memerhatikan kesempurnaan morfologi pada udang galah yang dibudidayakan.
  • Lewat pengambilan sampel supaya diuji kesehatan pada udang galah lewat cara acak dengan adanya banyak udang berdasar pada keperluan penilaian dengan cara visual maupun dengan cara mikroskopik.
  • Lewat penilaian dengan cara mikroskopik untuk mengecek ada atau tidaknya patogen-patogen yang ada pada udang di laboratorium , seperti terdapatnya virus , bakteri , jamur atau parasit.

Bagian Panen Udang Galah

Cara budidaya udang galah dikolam terpal yang paling akhir mencakup bagian panen. Umumnya , udang galah pada air tawar bisa dipanen bila telah masuk umur 5-6 bln. pada panen perdana. Dengan hal tersebut , udang bisa dipanen tiap-tiap 5 kali dalam 1 th.. Diluar itu , untuk pemula pada panen perdana umumnya bakal membuahkan udang yang dipanen cuma sejumlah sedikit. Namun untuk panen selanjutnya , hasil dari panen yang didapatkan bisa meraih hingga 2 kali lipatnya. Lalu udang galah dapat juga di jual saat telah meraih ukuran sebesar 20 hingga 25 gr per ekornya. Umumnya , ukuran udang yang makin besar , bakal di jual dengan harga yang makin mahal juga.
Sekianlah bagian langkah cara budidaya udang galah di kolam terpal untuk peternak udang galah. Mudah-mudahan berguna!