Begini Caranya Menghemat Kuota Internet

Begini Caranya Menghemat Kuota Internet

Begini Caranya Menghemat Kuota Internet

Begini Caranya Menghemat Kuota Internet
Begini Caranya Menghemat Kuota Internet

 

Di era serba online ini

Kuota internet sepertinya tak bisa dianggap sebagai kebutuhan tersier lagi. Bahka bagi banyak orang, tak memiliki kuota internet sama rasanya seperti tak memiliki uang sepeser pun di dalam dompet, bikin gelisah dan mati gaya seperti tak tahu lagi harus berbuat apa. Kuota internet pun kini tak jarang memiliki slot tersendiri di dalam skala pengeluaran bulanan banyak orang.

Kerap kali sebal karena kuota yang gampang habis, ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah habisnya kuota dan menyebabkannya memakan bujet lebih lho dalam pengeluaran bulanan kita. Pastinya penasaran dong gimana caranya? Oleh karena itu, yuk simak saja beberapa tips di bawah ini, Sobat Shopee!

MATIKAN FITUR AUTOMATIC UPDATE

Sering kali tak disadari aktivitasnya, ternyata fitur automatic update atau perbaharuan aplikasi secara otomatis menjadi salah satu sumber utama borosnya kuota internet. Bagaimana tidak, satu aplikasi saja dapat memakan hingga ratusan megabyte paket data, gimana jika 10 aplikasi? 1 GB kuota internet pun akan ludes dihabiskannya.

Memang memperbaharui aplikasi pada perangkat ponsel sangatlah penting untuk kelangsungan aktivitas berhandphonemu, tapi tak ada salahnya kan untuk memperbaharui aplikasi di dalam perangkat gadget kita hanya ketika terhubung lewat konektivitas wifi? Untuk itu, ubahlah default setting-nya melalui menu pengaturan di perangkatmu, sesuai dengan sistem operasi masing-masing.

 

MATIKAN SINKRONISASI YANG TAK DIPERLUKAN

Dalam keadaan stand by ataupun ketika digunakan, ternyata ada banyak akun dan aplikasi yang melakukan sinkronisasi secara otomatis di setiap perangkat dan tanpa disadari dapat memakan sisa kuota internet yang ada. Oleh karena itu, selalu ingat untuk keluar dari akun-akun aplikasi yang sedang tak dipakai ya, Sobat Shopee. Cukup mudah, kamu hanya perlu menekan opsi ‘log out’ saja kok!

 

STREAMING DENGAN KUALITAS VIDEO RENDAH

Memang sih menonton video dengan kualitas tinggi terasa lebih seru dibanding yang low resolution dan pecah-pecah. Namun sayangnya, video berkualitas HQ ini dapat memakan banyak kuota internet dan alhasil, bujet untuk paket data pun jebol jadinya. Biasakahlah untuk memilih mode resolusi rendah ketika menonton video dengan konektivitas seluler dan hanya menonton video berkualitas tinggi hanya dengan konektivitas wifi ya, Sobat Shopee!

JANGAN NYALAKAN FITUR AUTO-DOWNLOAD

Ketika menggunakan aplikasi messenger, seperti LINE, Whatsapp, dan lain sebagainya, kerap kali foto yang dikirimkan oleh lawan bicara terdownload secara otomatis ketika mereka mengirimnya pada kita. Cukup menguras kuota, kamu bisa merubah pengaturan auto-download foto-foto yang dikirimkan lawan bicara jadi manual. Toh tak susah juga kan untuk memencet tombol download secara manual pada foto yang dikirim lawan bicara pada kita?

 

Sumber : https://ngelag.com/