Bagaimana Cara Merawat Aquascape Untuk Pemula?

Bagaimana Cara Merawat Aquascape Untuk Pemula

Bagaimana Cara Merawat Aquascape Untuk Pemula?

Bagaimana Cara Merawat Aquascape Untuk Pemula
Bagaimana Cara Merawat Aquascape Untuk Pemula

Aquascape mampu dibilang merupakan seni menata ekosistem di bawah air. Di sini, Anda dituntut untuk memadupadankan unsur-unsur pembentuk aquascape menyerupai tanaman, ikan, batu, kayu, cangkang, pasir, lumut, dan lain-lain sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah paduan yang harmonis. Oleh alasannya ialah itu, diharapkan keahlian dan keterampilan serta daya imajinasi yang tinggi untuk dapat membuat aquascape yang indah.

Penggantian Air

Lakukan penggantian air secara rutin setiap seminggu sekali. Anda tidak harus menguras seisi bak, melainkan cukup mengganti sepertiga dari total volume air di akuarium. Langkah ini dimaksudkan untuk mengganti garam mineral terlarut di dalam air sehingga kebutuhan ikan dan tanaman tetap terpenuhi. Frekuensi penggantian air juga sebaiknya diubahsuaikan dengan tingkat penguapan pada aquascape tersebut.

Pembersihan Kaca

ikan hiu megalodon – Sebagus apapun aquascape milik Anda tetap tidak berkhasiat kalau kondisi kacanya tampak kusam. Penyebabnya mampu berupa kotoran yang terbawa bersama air, acara makhluk hidup di dalamnya, serta lumut yang tumbuh subur. Pembersihan beling secara biologis dapat dilakukan dengan memelihara organisme pemakan lumut menyerupai Otocinclus sp, udang red cherry, ikan pembersih siamese, pond snail, ramshorn, dan sebagainya. Sedangkan untuk metode kimiawinya, Anda mampu menaburkan obat anti lumut/alga. Pembersihan beling mampu dilakukan juga secara manual dengan menyikat permukaannya memakai sikat dan cutter.

Pemberian Pupuk

Mengingatkan di dalam aquascape ada tumbuhan air yang hidup di dalamnya, Anda pun wajib menunjukkan pupuk secara bersiklus sebagai pakan tumbuhan tadi. Gunakan pupuk cair yang memang dikhususkan untuk keperluan aquascape. Proses pemupukan ini dilaksanakan dengan teratur paling tidak setiap sebulan sekali. Tanaman yang kurang menerima nutrisi akan menguning kemudian mati.

Pengaturan Filter

Setiap aquascape harus dilengkapi dengan alat penjernih air yang disebut filtrasi. Alat ini bekerja dengan menyaring kotoran-kotoran yang terkandung di dalam air hingga tuntas. Hasilnya air akan terjaga kejernihan dan kebersihannya. Seiring dengan penggunaannya, perangkat filter ini pun dapat menjadi kotor. Maka dari itu, Anda juga perlu membersihkan alat ini paling tidak setiap seminggu sekali.